Panggung "Kartini" Penuh Semarak

http://aulyafitranada.blogspot.com/
Peserta lomba busana. Foto: AKUNDAstudio / AF



Panggung "Kartini" Penuh Semarak


Sekolah kami, SDN Airlangga III / 200 Surabaya juga memperingati Hari Kartini. Agenda tahunan ini dilaksanakan penuh semarak pada Sabtu 26 April 2014. Kegiatan meliputi unjuk kebolehan drumband sekolah yang mengiringi pawai busana ala Kartini atau pejuang. Dan dilanjutkan dengan acara panggung gembira dengan aneka lomba.



http://aulyafitranada.blogspot.com/
Pawai drumband sekolahku. Foto: AKUNDAstudio / iDay

Perayaan dibuka dengan penampilan Drumband SDN Airlangga III / 200 Surabaya. Mereka berbaris rapi di jalanan depan sekolah. Tim terdepan terdiri dari para pemain drum, simbal, pianika, dan bellira. Mereka mengenakan seragam sporty serasi. Menyusul barisan belakang adalah para pelajar mengenakan busana tradisi dan modif tertentu yang mencerminkan sosok masyarakat pejuang di masa dahulu dan sekarang. Pawai berlangsung meriah, dipimpin oleh dua siswi ceria selaku mayoret.

Pawai keliling menempuh route lumayan jauh, menyusuri beberapa komplek perumahan di Kelurahan Airlangga Kecamatan Gubeng Surabaya. Para orangtua kami sangat bangga karena putra-putrinya tampil di acara peringatan tokoh pahlawan nasional Pengarang buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" itu. Sambutan sorak-sorai dan tepuk tangan menggema ketika barisan drumband kembali memasuki halaman sekolah.


http://aulyafitranada.blogspot.com/
Gaya para peserta lomba busana. Foto: AKUNDAstudio / AF

Seusai pawai, acara panggung pun digelar. Menampilkan lomba busana dan menyanyi. Peserta kelas 1 sampai dengan kelas 6 telah siap dengan busana cantik, gagah, dan bahkan ada yang jenaka. Mereka nampak bersemangat mengikuti urutan tampil, satu demi satu. Tidak kalah menarik, para guru kami yang berbusana ala Kartini dan Suroboyoan juga naik ke panggung, berlenggak-lenggok bak model kesohor. Kami menyaksikan penuh tawa riuh-rendah.

Berikutnya, belasan siswa telah siap untuk berlaga menyanyi di hadapan komunitas sekolah termasuk kehadiran para orangtua murid. Satu per satu tampil membawakan Lagu Ibu Kita Kartini. Rupanya, mereka telah berlatih serius dan terlebih dahulu mengikuti seleksi sebagai unggulan dari masing-masing kelas. Sehingga, persaingan menjadi cukup ulet, terbukti para juri bersidang cukup lama untuk menentukan siapa yang layak ditetapkan sebagai pemenang.


http://blog.akunda.net/
Tropi pemenang. Foto: AKUNDAstudio / iDay

Panggung hiburan cukup menarik dan mendidik, berlangsung hingga menjelang sore. Akhirnya, acara yang dipandu oleh Ibu Sapto itu sampai pada giliran pembacaan keputusan dewan juri lomba. Peserta yang berhasil sebagai pemenang sangat gembira ketika menerima tropi penghargaan juara. [AF / *]